Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Kamis, 01 Desember 2016

FILSAFAT ITU APA?



Apa yang kalian ketahui tentang filsafat? Apakah kita membutuhkan filsafat dalam kehidupan kita?
Banyak orang yang berpendapat bahwa filsafat merupakan hal yang sulit, karena filsafat merupakan ibu dari semua ilmu. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan skema sejarah muncu;lnya ilmu-ilmu yang menyatakan bahwa kajian para filsof di era awal yang sangat luas bermplikasi pada munculnya ilmu-ilmu era selanjutanya. (Suriarumantri, 2003).
Dengan mempelajarai filsafat membuat kita berfikir, sehingga timbul banyak pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya memang ada di sekitar kita tapi kita tidak peka terhadap hal tersebut. Seperti halnya kenapa rasa garam asin? Dan rasa gula manis? Padahal warnanya sama-sama putih,berebentuk serbuk dan mudah dilarutkan. Tentu semua itu ada jawabannya jika kita mau mencari tahu dan berusaha mencari tahu . Tetapi jika tercetus pertanyaan tersebut biasanya sebagian orang akan menjawab “takdir” atau “karena namanya gula jadi manis dan garam jadi rasanya asin”. Padahal rasa asin pada garam berasal dari rasa asin air laut. Jadi rasa asin dari air laut berasal dari garam mineral yang berada di dalam tanah. Sehingga  proses terbentuknya air yang asin tersebut adalah ketika hujan turun, air yang berada di daratan akan mengalir ke sungai hingga pada akhirnya bermuara di laut. Kemudian air laut tersebut di proses dengan cara dipanas kan sampai volumenya menyusut sebanyak 10% dari volume semula dan dinginkan selama 3-5 hari di bawah suhu kamar sehinnga mmbentuk Kristal garam dan dapat di konsumsi.
Sedangkan kenapa rasa gula manis? Karena gula berasal dari air nira yaitu sari dari tumbuhan tebu yang di dalamnya terkandung glukosa. Dalam proses pembuatan gula pertama-tama di lakukan proses sakharosa yang terdapat dalam batang tebu dari zat-zat lain seperti air, zat organic, sabut. Pemisahan dilakukan dengan jalan tebu digiling dalam beberapa mesin penggiling sehingga diperoleh cairan yang disebut nira. Nira yang diperoleh dari mesin penggiling dibersihkan dari zat-zat bukan gula dengan pemanasan dan penambahan zat kimia. Setelah itu dilakuakn pemurnian nira dengan tiga proses, selanjutnya dilakukan penguapan, pengkristalan dan pengeringan sehingga menjadi gula yang dapat kita konsumsi.
Dapat kita lihat, bahwa pertanyaan yang berada di sekitar kita jika kita cari jawabannya akan menghasilkan jawaban yang lebih panjang dari kata “takdir” sehingga kita dapat menerima jawaban tersebut karena jawaban tersebut telah terbukti berdasarkan fakta dan tanpa kalian sadari bahwa ketika kalian mengatakan “oh iya ya” “iya yah bener juga” kalian sedang berfilsafat. walaupun memeang terdapat beberapa pertanyaan yang tidak dapat di jabarkan secara jelas jawabannya seperti pertanyaan-pertanyaan tentang keyakinan seseorang. Oleh karena itu filsafat sangat penting kaitannya dengan kehidupan sehari-hari kerana filsafat juga merupakan fondasi dari berbagai ilmu. Dan yang paling penting dalam berfilsafat kita harus menggunakan disiplin ilmu yang tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar