Perkembangan Dan Pertumbuhan
1.
Pengertian
Perkembangan
Perkembangan merupakan perubahan
individu ke arah yang lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya
individu sampai akhir hayat dan berlangsung secara terus menerus. Perkembangan
secara umum adalah rangakaian perubahan sepanjang rentan kehidupan yang
bersifat progresif, teratur, berkesinambungan, dan komulatif yang menyangkut
segi kuatitatif dan kualitatif, sebagai hasi interaksi antara maturasi dan
proses belajar. Pembagian masa-masa perkemangan:
a.
Masa sebelum lahir
b.
Masa baru lahir
c.
Masa bayi
d.
Masa kanak-kanak
awal dan akhir
e.
Masa pubertas
f.
Masa dewasa
(awal dan menengah)
g.
Masa usia lanjut
2.
Pengertian
Pertumbuhan
Perkembangan tidaklah terbatas pada
pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya juga
terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan
bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu
menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan dan belajar.
3.
Aspek –Aspek
yang mempengaruhi pertumbuhan
a.
Anak sebagai
keseluruhan.
Anak sebagai keseluruhan tumbuh oleh
kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki
b.
Umur mental anak
mempengaruhi pertumbuhannya.
Umur mental anak mempengaruhi kapasitas
mentalnya.
c.
Permasalahan
tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan.
Anak-anak yang pertumbuhannya cepat,
lambat, atau tidak teratur sering menimbulkan problem-problem pengajaran.
d.
Penyesuaian
pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada
anak akibat pertumbuhan dan setelah dihadapkan dengan tantangan kultural
masyarakat, terutama harapan-harapan orang tua, guru-guru dan teman-teman
sebayanya, tercermin di dalam penyesuaian sosialnya.
Beberapa keuntungan
mempelajari perkembangan peserta didik yaitu pertama kita akan mempunyai ekspetasi yang nyata tentang anak dan
remaja. Yang kedua, pengetahuan
tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespon sebagaimana
mestinya pada prilaku tertentu dari seorang anak. Ketiga pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu
mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal. Keempat
dengan mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri
sendiri. selain itu terdapat aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan peserta
didik yaitu
1.
Pertumbuhan
Fisik
2.
Kecerdasan
(Intelek)
3.
Tempramen
(Emosi)
4.
Sosial
5.
Bahasa
6.
Bakat khusus
7.
Sikap, Nilai dan
moral
8.
Interaksi
keturunan dan lingkungan dalam perkembangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar