Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 31 Desember 2016

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN



Perkembangan Dan Pertumbuhan
1.      Pengertian Perkembangan
Perkembangan merupakan perubahan individu ke arah yang lebih sempurna yang terjadi dari proses terbentuknya individu sampai akhir hayat dan berlangsung secara terus menerus. Perkembangan secara umum adalah rangakaian perubahan sepanjang rentan kehidupan yang bersifat progresif, teratur, berkesinambungan, dan komulatif yang menyangkut segi kuatitatif dan kualitatif, sebagai hasi interaksi antara maturasi dan proses belajar. Pembagian masa-masa perkemangan:
a.       Masa sebelum lahir
b.      Masa baru lahir
c.       Masa bayi
d.      Masa kanak-kanak awal dan akhir
e.       Masa pubertas
f.       Masa dewasa (awal dan menengah)
g.      Masa usia lanjut

2.      Pengertian Pertumbuhan
Perkembangan tidaklah terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan dan belajar.

3.      Aspek –Aspek yang mempengaruhi pertumbuhan
a.       Anak sebagai keseluruhan.
Anak sebagai keseluruhan tumbuh oleh kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki
b.      Umur mental anak mempengaruhi pertumbuhannya.
Umur mental anak mempengaruhi kapasitas mentalnya.
c.       Permasalahan tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan.
Anak-anak yang pertumbuhannya cepat, lambat, atau tidak teratur sering menimbulkan problem-problem pengajaran.
d.      Penyesuaian pribadi dan sosial mencerminkan dinamika pertumbuhan
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada anak akibat pertumbuhan dan setelah dihadapkan dengan tantangan kultural masyarakat, terutama harapan-harapan orang tua, guru-guru dan teman-teman sebayanya, tercermin di dalam penyesuaian sosialnya.

Fungsi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik
Beberapa keuntungan mempelajari perkembangan peserta didik yaitu pertama kita akan mempunyai ekspetasi yang nyata tentang anak dan remaja. Yang kedua, pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespon sebagaimana mestinya pada prilaku tertentu dari seorang anak. Ketiga pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal. Keempat  dengan mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri. selain itu terdapat aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yaitu
1.      Pertumbuhan Fisik
2.      Kecerdasan (Intelek)
3.      Tempramen (Emosi)
4.      Sosial
5.      Bahasa
6.      Bakat khusus
7.      Sikap, Nilai dan moral
8.      Interaksi keturunan dan lingkungan dalam perkembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar