Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 02 Desember 2016

CARA MENGITUNG JARAK KITA DARI TEMPAT BADAI



Kalian pasti tahu, ketika hujan datang tidak hanya datang dengan awan yang mendung saja. Tetapi hujan terkadang datang di sertai dengan suara petir dan kilat. Dan secara spontan jika terjadi kilat da petir kalian langsung menutup kuping kalian ataupun terkejut karena kalian takut tersamabar petir. Tapi apakah kalian tau bagaiamana caranya untuk mengetahui jarak kita dari tembpat terjadinya badai?
Jadi cara nya cukup dengan menghitung berapa detik jeda antara kilat yang terlihat dan suara petir yang kalian dengar. Lalu bagi jumlah detiknya dengan angka 3 dan kau akan mendapatkan jarak antara tempatmu dan tempat tejadinya badai dalam satuan kilometer.
Contohnya bila kau menghitung jeda 9 detik, artinya badai terjadi di 3 km dari tempatmu berada. Kenapa demikian, jadi cahaya dari kilat bergerak dengan kecepatan 300.000 km per detik. Karenanya kita boleh dibilang langsung melihat apabila ada petir menyambar. Sedangkan bunyi dari petir merambat di udara dengan kecepatan hanya sekitar 340 meter per detik.
Jadi, sebagai patokan umum: bunyi menempuh jarak satu kilometer dalam waktu tiga detik. Apabila terdengar bunyi guntur tiga detik setelah tampak petir menyambar, maka bisa kita ketahui bahwa tempat terjadinya badai satu kilometer dari tempat kita berada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar