Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Selasa, 06 Desember 2016

UNTUK APA SAJADAH?



Kenapa di ciptakan sajadah sedangkan shalat pun bisa menggunakan alas apa saja, asalkan menggunakan alas agar shalat berada di tempat yang suci dan menghadap pada Kiblat. Lantas untuk apa sebenarnya sajadah digunakan? 
 Jadi sebenarnya sajadah sangat penting digunakan ketika sedang shalat berjamaah, agar ketika shalat orang-orang merapatkan barisannya. Karena ketika kita shalat merapatkan shaf merupakan keutamaan. Banyak orang yang bilang jika shalat tidak merapatkan shaf nanti shaf-shaf yang kosong tersebut akan diisi oleh setan yang nantinya akan mengganggu kita ketika shalat.
Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam selalu meluruskan shaf kami, sehingga beliau seolah-oleh meratakan anak panah sehingga beliau melihat bahwa kami telah memahaminya. Kemudian suatu hari beliau keluar (untuk menunaikan sholat), lalu berdiri hingga ketika hampir mengucapkan takbir, beliau melihat seorang lelaki dadanya keluar (menonjol) dari shaf, maka beliau bersabda: ”Hai hamba-hamba Allah, kalian benar-benar meluruskan shaf kalian (jika tidak) Allah akan (menimbulkan perselisihan) di antara wajah-wajah kalian.” (HR Muslim dan Ahmad)
Jadi, menurut hadist di atas memperingatkan kemungkinan terjadinya perselisihan antara wajah-wajah para sahabat jika mereka mengabaikan lurusnya shaf Perselisihan antara wajah dapat juga diartikan sebagai munculnya perbedaan cara pandang dalam berbagai masalah kehidupan. Secara jangka panjang hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan di tengah tubuh ummat Islam.
Dari hadist di atas pula menurut saya, islam mengajarkan kita saling bersatu satu sama lain. Saling bersahabat antara satu orang dengan yang lainnya. Jadi kita dapat belajar tentang yang namanya persatuan. Subhanallah dari hal yang tidak telalu terlihat dalam shalat pun kita dapat mendapatkan pelajaran.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar