Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 03 Desember 2016

IQ BUKAN PATOKAN KECERDASAN



Buat kalian yang telah mengikuti tes IQ dan hasilnya biasa saja tidak tinggi. Jangan khawatir, karen studi terbaru dari kanada menyebutkan, hasil uji IQ kemungkinan ga benar-benar menunjukkan kepintaran seseorang secara utuh.
Dr. Adrian Owen, seorang peneliti senior  Canada Excellence Research Chair in Cognitive Neuroscience and Imagine di University’ Brain and Mind Institute, mengatakan bahwa kepintaran yang duniai hanya dari nilai IQ adalah mitos.
Studi ini melibatkan 100 ribu relawan. Mereka diminta untuk menjalani 12 tes kognitif secara online. Pengamatan pada tes mencangkup penilaian terhadap kemampuan mengingat, penalaran, konsentrasi, perencanaan. Para relawan ditanyakan pula terkait gaya hidup dan latar belakang kehidupannya.
Hasil peneliti mendapatkan jika tidak ada satu pun tes tunggal ataupun komponen tes yang bisa menilai secara baik dan akurat terhadap kecerdasan seseorang. Tiap relawan memiliki kekhasan tersendiri dalam hasil penilaian terhadap tes mental dan kognitif.
Peneliti meyakini terdapat 3 aspek yang membentuk kecerdasan seseorang, yaitu ingatan jangka pendek, penalaran dan komponen verbal. Pada pengamatan terhadap otak melalui pencitraan MRI, kemampuan kognitif seseorang dipengaruhi sirkuit di otak. Dan sirkuit otak ini berbeda antar satu orang dengan yang lainnya dan berpengaruh juga pada dominasi kecerdasan yang dimiliki setiap orang.
Tapi, orang harus selalu menjaga kesehatan otaknya agar kecerdasan bisa tetap dijaga. Faktor usia dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi fungsi otak. Misalnya orang yang merokok , mereka memiliki ingatan jangka pendek dan cenderung menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar