Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Minggu, 04 Desember 2016

BINTIK PUTIH PADA KUKU


Siapa yang sering mengalami hal ini? timbulnya bercak putih-putih pada kuku? Waktu dulu banyak mitos yang mengatakan jika banyak putih-putih pada kuku berarti punya banyak yang mengagumi ataupun membenci itu secara mitos waktu saya masih kecil. Dan sebenarnya tentu tidak ada hubungannya sama sekali seseorang yang mengagumi dengan membeci jika dikaitkan dengan kuku. Sebenarnya mengapa terjadi hal seperti itu? Disini kita akan membahasnya untuk mendapatkan jawaban yang masuk akal. 
Bintik putih pada kuku adalah sebuah fenomena yang dinamakan dengan Leukonychia. Mesikipun namanya terdengar begitu serius, namun umumnya kondisi ini tidak terlalu bahaya. Penyebab umum terjadinya kondisi bintik putih pada kuku adalah karena terjadinya trauma ringan ataupun sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Pertumbuhan kuku umumnya cenderung amat lambat, karenanya orang mungkin tidak menyadari trauma atau cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya sampai akhirnya muncul tanda atau bintik berwarna putih pada kuku.
Kondisi seperti ini renta sekali dikaitkan dengan kekurangan atau kelebihan vitamin atau kalsium tertentu yang pada kenyataannya hal ini tidak sepenuhnya demikian. Noda putih atau bintik putih umunya banyak ditemukan pada kuku dibagian tangan dibandingkan dibagian jari kaki. Jika kalian tidak mengingat cedera semacam apa yang dapat mengakibatkan kuku mengalami trauma, tak perlu takut, karena pada faktanya pertumbuhan kuku sangat lambat sehingga luka pada kuku dapat terjadi berminggu-minggu sebelum noda putih tampak pada kuku. Kemungkinan lain, bintik putih ini bisa menjadi tanda adanya infeksi ringan yang terjadi pada kuku atau alergi,  efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi saat anda sedang dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat-obatan tertentu kemudian muncul bintik putih ini pada kuku, bisa jadi ini adalah reaksi dari obat-obatan yang di konsumsi dan bukan tanda jika ada seseorang mengagumi atau membenci kalian.
Jika bintik putih tersebut hanya mucul ada satu atau beberapa kuku pada jari kalian . Maka tak perlu khawatir. Namun apabila bintik tersebut muncul begitu banyak pada kuku atau bahkan hampir mengenai seluruh kuku pada jari-jari, maka hal tersbeut patut ada waspadai. Hal tersebut karena mungkin saja terjadi kondisi yang cukup serius dengan tubuh kalian. Misalnya saja tubuh kalian megalami penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes. Dan apabila hal ini terjadi, baiknya anda disarankan untuk segera mendapatkan perhatian medis untuk mengetahui lebih spesifik apakah yang sedang terjadi dengan tubuh.
Jadi kalian tidak perlu menduga jika bintik putih ini disebabkan karena mitos, tetapi dibabkan seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Dan ingat jika bintik putih itu sangat banyak dan hampir menutupi seluruh permukaan kuku sebaiknya periksakan ke dokter, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar