Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Rabu, 07 Desember 2016

TEORI FILSAFAT



 Banyak sekali pengertian-pengertian teori filsafat menurut para ahli mereka semua dapat menyimpulkan pengertian dari filsafat ini berdasarkan beberapa teori dari beberapa tokoh yang sangat berpengaruh. Tokoh-tokoh ini mengemukakan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi individu antara yang satu dengan yang lainnya.
Yang pertama terdapat faktor hereditas yang dipahami sebagai faktor bawaan yang dibawa anak dari orang tuanya. Aliran yang menyatakan dan memahami bahwa faktor hereditas merupakan faktor penentu dalam kehidupan seseorang dikenal dengan aliran Nativisme. Tokoh utama aliran ini bernama Arthur Eschopenhour, seorang filsof Jerman. Selain aliran Nativisme, Arthur juga mengemukakan aliran idealisme yaitu pengetahuan yang di dapat dari keyakinanan diri sendiri tanpa adanya pengaruh ligkungan. Jadi, terdapat pendapat bahwa jika orang tuanya petani maka anaknya juga akan menjadi petani, begitupun dengan orang tua yang menjadi guru anaknya pun menjadi guru. Karena jika dilihat realitas tidak seperti itu, banyak orang menjadi guru, ahli musik, ataupun seorang pilot padahal orang tuanya adalah seorang petani. Namun tidak dipungkiri juga bahwa fakto bawaan seperti bakat merupakan bawaan yang dibawa sejak lahir dn tentu dia akan berembang dengan baik jika terdapat pula lingkungan yang baik sesuai dengan bakat yang dia miliki.
Yang kedua terdapat faktor lingkungan yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu. Anak yang mendapatkan stimulus lingkungan yang baik akan berkembang dengan baik. Aliran ini menyatakan bahwa pengalaman atau lingkungan memberikan pengaruh dan bahkan merupakan faktor tertentu penentu perkembangan individu dikenal dengan aliran empirisme. Tokoh utama dalam aliran ini adalah Jhone Lock aliran ini diungkapkan dalam tabularasa atau kertas kosong. Jadi anak di ibaratkan seperti kertas kosong. Faktor bakat atau pembawaan tidak berpengaruh apa-apa terhadap perkembangan individu. Dalam konteks pendidikan, aliran ini memunculkan optimis terhadap adanya proses pendidikan.
Yang ketiga adalah faktor gabungan dari kedua faktor diatas. Aliran ini menyatakan bahwa ada aliran yang mempengaruhi individu dalam perkembangannya, yaitu faktor gabungan (hereditas dan lingkungan) perkembangan seseorang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan dan pengalaman. Aliran ini disebut juga aliran konvergensi. Tokoh dalam aliran ini adalah William Stren dari jerman.
Jadi, faktor-faktor tersebut merupakan teori filsafat yang sangat mempengaruhi perbedaan antara individu satu dengan yang lainnya. Dan semua faktor yang di kemukakan, saling terkait satu sama lain. Tidak ada yang lebih banyak memengaruhi ataupun kurang mempengaruhi, karena faktor-faktor tersebut seimbang.

Sumber:
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar