Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 31 Desember 2016

ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PESERTA DIDIK



1.      Pertumbuhan fisik
  • Pertumbuhan sebelum lahir
Merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan sebuah awal organ-organ tubuh dan tersusun jaringan syaraf yang membentuk terbentuknya sistem syaraf yang lengkap.
  • Pertumbuhan sejak lahir
Dibagi menjadi menjadi empat masa utama; dua masa ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan masa berikutnya dicirikan dengan pertumbuhan yang lambat. Pertumbuhan seorang bayi akan memperihatkan tempo yang sedikit lambat dan kemudian menjadi stabil saat anak memasuki tahap remaja, atau tahap kematangan kehidupan seksualnya.
 
2.      Perkembangan intelektual
Kemampuan berfikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Piaget mengikuti tahap-tahap sebagai berikut :
  1. Tahap Sensori Motor (0-2 setengah tahun)
  2. Tahap Pra-oprasional (usia 2-7 tahun)
  3. Tahap Operasional Konkret (usia 7-11 tahun)
  4. Emosi dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusi adalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia. Emosi merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik.
  5. Sosial, Manusia sebagai makhluk hidup sosial dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai dari seorang bayi menjadi seorang naka hingga menjadi orang dewasa.
  6. Bahasa, Bahasa sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.
  7. Bakat Khusus, Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik.
  8. Sikap, Nilai dan Moral
  9. Tujuan akhir dari proses belajar di kelompokka menjadi tiga sasaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Ada tiga faktor yang memengaruhi perkembangan individu, yaitu faktor hereditas, faktor lingkungan, dan faktor hereditas, faktor lingkungan, dan  faktor gabungan antara keduanya sebagai berikut.
  • Faktor Hereditas
Faktor hereditas dipahami sbagai faktor bawaan yang dibawa ank dari orang tuanya. Anak mewariskan sesuatu dari orang tuanya. Anak berkembang baik secara fisik maupun psikis bukan karena pengaruh dari yang lain, akan tetapi ditentukan oleh pembawaannya sendiri. lingkungan tidak memberikan pengaruh apa-apa pada sang anak. Aliran yang menyatakan dan memahami bahwa hereditas merupakan faktor penentu dalm kehidupan seseorang dikenal dengan aliran navisme. Jadi anak terlahir bagai kertas putih.
  •  Fakor lingkungan
Faktor lingkungan memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu. Anak mendapatkan stimulus lingkungan yang baik akan berkembang biak dengan baik. Aliran ini menyatakan bahwa pengalaman atau lingkungan memberikan pengaruh dan bahkan merupakan faktor tertentu penentu perkembangan individu dikenal dengan aliran empirisme. Faktor bakat atau pembawaan tidak berpengaruh apa-apa terhadap perkembangan individu. Dalam konteks pendidikan, aliran ini memunculkan optimis terhadap adanya proses pendidikan.
  • Faktor Gabungan (hereditas dan lingkungan)
Aliran ini menyatakan bahwa ada aliran yang mempengaruhi individu dalam perkembangannya, yaitu faktor gabungan (hereditas dan lingkungan) perkembangan seseorang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan dan pengalaman. Aliran ini disebut juga aliran konvergensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar