1.
Pertumbuhan
fisik
- Pertumbuhan
sebelum lahir
Merupakan pertumbuhan dan perkembangan
manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan sebuah awal organ-organ
tubuh dan tersusun jaringan syaraf yang membentuk terbentuknya sistem syaraf
yang lengkap.
Dibagi menjadi menjadi empat masa utama;
dua masa ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan masa berikutnya dicirikan
dengan pertumbuhan yang lambat. Pertumbuhan seorang bayi akan memperihatkan
tempo yang sedikit lambat dan kemudian menjadi stabil saat anak memasuki tahap
remaja, atau tahap kematangan kehidupan seksualnya.
2.
Perkembangan
intelektual
Kemampuan berfikir dipengaruhi oleh kematangan
otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Piaget mengikuti tahap-tahap
sebagai berikut :
- Tahap Sensori
Motor (0-2 setengah tahun)
- Tahap
Pra-oprasional (usia 2-7 tahun)
- Tahap
Operasional Konkret (usia 7-11 tahun)
- Emosi dan
perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusi adalam
hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia. Emosi merupakan
gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik.
- Sosial, Manusia sebagai makhluk hidup sosial
dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, oleh
karena itu mulai dari seorang bayi menjadi seorang naka hingga menjadi orang
dewasa.
- Bahasa, Bahasa sebagai alat komunikasi juga
dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi
pikiran kepada orang lain.
- Bakat Khusus, Bakat merupakan kemampuan tertentu yang
dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit
latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik.
- Sikap, Nilai dan
Moral
- Tujuan akhir dari proses belajar di
kelompokka menjadi tiga sasaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Ada tiga faktor yang memengaruhi
perkembangan individu, yaitu faktor hereditas, faktor lingkungan, dan faktor
hereditas, faktor lingkungan, dan faktor
gabungan antara keduanya sebagai berikut.
Faktor hereditas
dipahami sbagai faktor bawaan yang dibawa ank dari orang tuanya. Anak
mewariskan sesuatu dari orang tuanya. Anak berkembang baik secara fisik maupun
psikis bukan karena pengaruh dari yang lain, akan tetapi ditentukan oleh
pembawaannya sendiri. lingkungan tidak memberikan pengaruh apa-apa pada sang
anak. Aliran yang menyatakan
dan memahami bahwa hereditas merupakan faktor penentu dalm kehidupan seseorang
dikenal dengan aliran navisme. Jadi anak terlahir bagai kertas putih.
Faktor lingkungan
memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu. Anak mendapatkan stimulus
lingkungan yang baik akan berkembang biak dengan baik. Aliran ini menyatakan
bahwa pengalaman atau lingkungan memberikan pengaruh dan bahkan merupakan
faktor tertentu penentu perkembangan individu dikenal dengan aliran empirisme.
Faktor bakat atau pembawaan tidak berpengaruh apa-apa terhadap perkembangan
individu. Dalam konteks pendidikan, aliran ini memunculkan optimis terhadap
adanya proses pendidikan.
- Faktor Gabungan
(hereditas dan lingkungan)
Aliran ini menyatakan
bahwa ada aliran yang mempengaruhi individu dalam perkembangannya, yaitu faktor
gabungan (hereditas dan lingkungan) perkembangan seseorang dipengaruhi oleh
faktor bawaan dan faktor lingkungan dan pengalaman. Aliran ini disebut juga
aliran konvergensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar