Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 02 Desember 2016

APA ITU PENDIDIKAN KARATER?


Setelah diberlakukannya kurikulum 2013, kita jadi sering mendengar tentang pendidikan karakter. Karena pada kurikulum 2013, menekankan pendidikan karakter kepada anak. Sebenarnya apa sih pendidikan karakter itu? Dan untuk apa pendidikan karakter itu ?
Pendidikan karakter adalah suatu usaha pengembangan dan mendidik karakter seseorang, yaitu kejiwaan, akhlak dan budi pekerti sehingga menjadi lebih baik. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai the deliberate us of all dimensions of school life to foster optimal character development yang dapat diartikan sebagai suatu usaha kita secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah/madrasah untuk membantu pembentukan karakter secara optimal.
Menurut T. Ramli (2003), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik.
Menanamkan pendidikan karakter pada seseorang sangat penting sekali, hal ini di latar belakangi oleh meningkatnya kekerasan, penggunaan kata-kata kasar bahkan kotor, pengaruh yang kuat terhdap kekerasan, meningkatnya prilaku merusak diri, semakin kaburnya pedoman moral baik dan buruk, menurunnya etos kerja, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, rendahnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara, membudayakan kejujuran, adanya rasa curiga dan benci terhadap sesama.
Jadi pendidikan karakter bukan hanya di tanamkan kepada anak murid saja tetapi semua orang harus mendapatkan pendidikan karakter, karena di dalam pendidikan karakter terdapat banyak nilai-nilai yang harus di kembangkan seperti nilai religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, mengahrgai prestasi, bersahabat/komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Begitu banyak nilai-nilai yang harus di kembangkan dalam pendidikan karakter sehingga sangat diperlukan untuk membentuk generasi penerus sesuai dengan indikator keberhasilan pendidikan karakter yaitu :
1.Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2.Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.Menunjukkan sikap percaya diri
4.Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
Jadi pendidikan karakter sangat diperlukan untuk kita dan generasi penerus sebagai bekal agar kita dapat mengikuti arus perkembangan zaman
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar