Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Minggu, 04 Desember 2016

KENAPA TERJADI CEGUKAN?



Jika kalian selesai makan tapi tidak minum ataupun tertawa terlalu kencang biasanya akan terjadi cegukan. Biasanya jika dalam mitos cegukan dapat disembuhkan bilamana makan satu sendok gula, ataupun di kagetkan. Sebenarnya kenapa kita bisa cegukan?
Cegukan disebabkan oleh kontraksi sekat rongga tubuh  atau biasa disebut  diagfragma, yg terjadi secara mendadak. Kontraksi ini menimbulkan tarikan nafas yg diakhiri secara refleks oleh tertutupnya lubang antara kedua pita suara. Tarikan nafas akibat tertutupnya lubang tersebut memimbulkan suara khas waktu cegukan. Kejadian ini dapat timbul 1 kali, dapat pula berupa rangkaian yag tidak dapat dikendalikan. Normalnya saat kita menarik nafas, otot-otot diafragma akan turun dan saat itu pula katup tenggorokan membuka  sehingga udara yag menekan ke atas tidak akan berbunyi. Akan tetapi, pada cegukan ketika menarik nafas, terjadi kontraksi/bahasa awamnya kram pada otot diafragma dan otot-otot antara tulang iga. Akibatnya, keduanya akan naik pada saat bersamaan, epiglotis (katup/klep di tenggorokan) pun tertutup, sehingga udara dari diafragma yang naik ke atas akan menekan klep ini akibatnya, terjadilah cegukan. Tertutupnya katup ini terjadi karena adanya gangguan di lengkung refleks, yaitu pada susunan saraf pusat  dan tepi. Kedua saraf ini mengatur jalur pernafasan dalam tubuh manusia agar berjalan lancar. Tertutupnya klep ini bukan merupakan kelainan susunan saraf pusatatau tepi, namun merupakan respon dari keduanya yang terganggu. Pada dasarnya, cegukan itu ada 2 jenis, jenis 1 disebut dengan cegukan ringan dan hanya berlangsung 1-2 jam, kemudian hilang sendiri. Penyebab paling sering karena adanya regangan di lambung, perubahan cuaca yang mendadak dari panas ke dingin/sebaliknya, memakan makanan yg terlalu panas/dingin, minum alkohol, merokok/mengalami stres. Sedangkan cegukan ke dua adalah cegukan permanen. Cegukan ini terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari ataupun berbulan-bulan, tapi juga bertahun-tahun. Cegukan jenis ini merupakan tanda atau gejala adanya gangguan di otak seperti gejala tumor, didalam otak. Ada beberap cara untuk mengatasi cegukan : 

  1. Meminum air hangat
  2. Tarik & buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong tertutup selama kurang lebih 1 menit. Hidung & mulut masuk ke dalam kantong tersebut maksudnya untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah 1 menit Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulanginya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar