Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Minggu, 04 Desember 2016

AROMA SAAT HUJAN DATANG

Ketika hujan pasti kita sering mencium wangi yang khas, yang bagi sebagian orang itu adalah hal yang ditunggu-tunggu dari hujan karena wangi itu menenangkan hati. Orang-orang sering menyebutnya dengan bau hujan. Lantas apakah hujan memiliki aroma? Sebenarnya bukan demikian, aroma yang muncul karena hujan bukan di sebabkan karena hujan memilki aroma tetapi disebabkan dari tanah yang basah. Lantas sekarang apa tanah yang memiliki aroma? 
Jadi Asal-usul aroma tanah basah itu adalah kerana adanya bakteria yg hidup di tanah. Bakteria tersebut dikenali sebagai Actinomycetes. Bakteria tersebut adalah makhluk hidup yg sangat kecil. Bakteria tidak dapat dilihat melalui mata kasar. Bakteri hanya boleh dilihat dengan mikroskop.
Bakteria hanya hidup jika ada air. Jika tidak ada air, bakteria berubah wujud menjadi spora. Spora merupakan kantung tidur bagi bakteria. Bakteria tidur nyenyak di dalam kantung spora. Bakteri akan bangun atau hidup lagi jika terdapat air. Oleh kerana ukuran bakteria sangat kecil, maka  air hujan yang jatuh ke tanah berbentuk titisan bulat. Ketika titisan air menimpa tanah, spora bakteria akan merebak ke udara. Sebagian spora itu mengenai hidung manusia. Oleh kerana itu, hidung manusia akan tercium aroma khas hujan. Itulah aroma tanah basah. Jadi aroma tanah basah sebenarnya disebabkan dari bakteria Actinomycetes.
Dan untuk menambah informasi sebenarnya tetesan air hujan itu bukan berbentuk seperti air mata tetapi berbentuk bulat seperti bola sepak. Nah sekarang silahkan nikmati aroma dari bakteria Actinomycetes jika turun hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar