Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Kamis, 01 Desember 2016

BAGAIMANA LAHIRNYA FILSAFAT?


Pada post sebelumnya kita telah mengetahui sebenarnya apa filsafat itu dan ternyata tanpa kita sadari bahwa filsafat sebenarnya melekat pada kehidupan kita dan lingkungan kita. Jadi pada post ini saya akan berbagi tentang sejarah dan lahirnya filsafat serta tahap-tahap proses berfilsafat.
Filsafat muncul sejak manusia ada dan sejak adaya pembicaraan manusia. Filsafat memiliki klasifikasi tertentu, yang di identiikan dengan orang yunani karena karakter orang yunani yaitu rasional.
 Sementara itu lahirnya filsafat bermula dari adanya pertentangan antara mitos dan logos. Mitos adalah sebuah keyakinan lama yang berkembang dengan pesat sedangkan logos merupakan lahirnya filsafat. Sehingga lambat laun mitos di kalahkan oleh logos. Selanjutnya filsafat lahir karena rasa ingin tahu jadi orang-orang berfikir secara rasional untuk mencari tahu jawaban-jawaban yang logis. Kemudian filsafat lahir karena adanya rasa kagum, yang merupakan kekaguman manusia tentang dunia dan lingkungannya. Dan terakhir karena perkemabngan kesusastraan.
Dalam berfilsafat terdapat tahap tahap tertentu karena berfilsafat harus dengan menggunakan ilmu displin yang tinggi dan sesuai, seperti :
1.      Logis yaitu berfikir dengan menggunakan logika yang melalui tiga tahap yaitu pemahaman, keputusan dan argumentasi.
Contohnya :
alam berubah ubah (premis minor)
setiap berubah-ubah (premis mayor)
alam baru (kesimpulan)
2.      Sistematis yaitu berfikir melalui alur yang sistematik sehingga ditemukan adanya koheren (saling runtut) dintara satu pertanyaan dengan pertanyaan lainnya.
3.      Radikal berfikir sampai ke akar masalah
4.      Universal yaitu berfikir secara umum bukan khusus.
Nah setelah kita ketahui sejarah dan lahirnya filsafat kita dapat mengetahui bahwa memang pertanyaan-pertanyaan dalam filsafat tidak akan berakhir sampai menemukan jawaban yang benar-benar logis. Dan tahap-tahap berfilsafat dapat menunjukkan bahwa dalam berfilsafat tidak bisa asal, tetapi harus melalui tahap tertentu dan di dukung oleh ilmu displin yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar