Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 31 Desember 2016

KENAPA DI LUAR ANGKASA KITA TIDAK DAPAT MENDENGAR



Ketika kita di luar angkasa kit atidak mungkin mendengar suara. Suara atau yang lebih sering disebut bunyi adalah salah satu gelombang, yaitu gelombang longitudinal. 
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar atau berimpit dengan arah getarnya. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinki dan gelombang bunyi di udara. Dalam perambatannya gelombang bunyi berbentuk rapatan dan renggangan yang dibentuk oleh partikel-partikel perantara bunyi. Apabila gelombang bunyi merambat di udara, perantaranya adalah partikel-partikel udara.  
Gelombang bunyi tidak dapat merambat di dalam ruang hampa udara karena dalam ruang hampa udara tidak ada partikel-partikel udara Karena udara merupakan salah satu faktor terjadinya rambatan bunyi yaitu medium (perantara) sehingga bunyi tak dapat merambat tanpa adanya zat perantara  walaupun yang didengar telinga sebagai bunyi tak lain adalah molekul udara yg bergetar. Jadi gelombang bunyi tak lain adalah getaran molekul-molekul udara yg menjalar dari satu molekul ke molekul tetangganya. Di luar angkasa praktis tak ada molekul yg bisa dipakai sebagai sarana untuk getaran gelombang bunyi menjalar. 
Jadi walaupun astronot berteriak sekencangnya di luar angkasa, tetap saja tidak akan terdengar oleh astronot lainnya. Dan pengertian dari sumber bunyi adalah benda atau alat apapun yang menghasilkan bunyi, seperti alat musik, dan yang lainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar