Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 02 Desember 2016

APA IKAN PERNAH TIDUR?



Apa ikan pernah tidur? Pertanyaan ini sering di lontarkan oleh anak kecil, tapi apa kalian dapat menjawab pertanyaan ini secara lansgung ? kapan ikan tertidur? Apa ikan tidur ketika kita tidur juga? Apa ikan tidak pernah tidur? Padahal ikan merupakan makhluk hidup yang dapat lelah juga. Lalu kenapa ikan tidak kelilipan padahal matanya selalu terbuka saat di air?
Jadi ikan Ikan pada dasarnya juga membutuhkan waktu tidur,  hanya saja prilaku tidur ikan dan manusia berbeda. Mungkin jika manusia dikatakan tidur ketika dirinya menutup matanya dan dalam waktu yang cukup lama yakni waktu tidur manusia maksimal 6 jam/hari. Berbeda dengan ikan yang hanya memiliki waktu tidur beberapa menit saja.
Nah jika kalian ingin mengetahui ikan kapan tertidurnya? Coba perhatikan ketika ikan diam saja dan hanya melayang-layang di air. Sebenarnya ketika itulah ikan sedang tertidur. Namun memang matanya saja yang tidak tertutup seperti manusia karena ikan tidak memiliki kelopak mata. Ketika ikan tertidur ikan masih dapat bergerak kondisi seperti ini merupakan cara ikan untuk tetap menjaga pasokan air masuk ke dalam insang sebagai sumber pernapasan sehingga dala keadaan tidur pun ikan akan menggerakkan sirip depan mereka.Namun setiap jenis ikan memiliki cara tidur yang berbeda – beda yakni dada jenis ikan yang memilih tidur di dasar perairan, ada yang mengapung di dekat permukaan air, bahkan ada yang masuk dalam karang.Ikan juga tertidur ketika sang pemiliknya tertidur, ikan akan tertidur dan lama-kelamaan akan turun ke dasar aquarium pada saat lampu di matikan dan suasana yang tenang. Kalian dapat mengetahuinya dengan menaruh makanan pada malam hari, ikan akan membutuhkan waktu yang lama untuk memakan makanan mereka yang terapung di atas air karena ketika ikan tertidur ia tidak menyadari adanya makanan di air.
Mata ikan tidak pernah tertutup ataupun berkedip itu semua di karenakan ikan memiliki 3 membran nictitans. Jadi membran ini berbentuk transparan yang berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran yang masuk atau untuk membasahi bola mata secara cepat. Kalau kelopak mata biasa gerakannya menutup ke atas dan ke bawah, kelopak mata ketiga ini gerakannya ke kanan dan ke kiri sehingga tegak lurus dengan kelopak mata lainnya. Kurang lebih fungsinya membran transparan ini seperti kacamata renang bagi mereka.
Jadi ikan juga tertidur ya, dan dia memiliki membran nictitans sebagai kacamata renang untuk melindungi matanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar