Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 30 Desember 2016

PENYAKIT “TUA” YANG MENYERANG REMAJA



Dulu yang namanya Stroke, Diabetes, Tulang Keropos sampe pikun pun dianggap penyakit yang menyerang usia-usia lanjut alias usia tua (50 tahun ke atas). Namun dengan berubahnya gaya hidup manusia modern yang jika dilihat makin tidak sehat. Penyakit-penyakit diatas sekarang bisa meyerang mereka yang masih berusia muda. Kapan saja!
Lalu bagaiman amenghindarinya? Mengutip dari halaman foxnews, ada beberapa penyait kronis yang dapat dicegah. Misalnya seperti stroke. Penyakit sroke cukup rentan bagi mereka yang memiliki usia diatas 60 tahun. Namum bukan berarti usia 20 sampai 30 tahuan tidak dapat terkena penyakit ini. Khususnya bagi mereka yang perokok sejak usia muda. Rokok adalah faktor resiko paling besar munculnya serangan stroke di usia muda. Selain itu hindari makanan berlemak dan kadar garam yang tinggi. Sebaikny asering-sering mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung asam omega 3 karena asam lemak ini baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Selanjutnya penyakit diabetes. Orang-orang yang usianya 40 tahun ke atas, agak rentan memang. Namun jangan salah, anak-anak juga bisa kenal. Ada beberapa jenis diabetes. Ada yang bawaan dari lahir, dan ada juga diabetes yang karena makanan yang dikonsumsi. Jadi diabetes tipe kedua adalah tipe diabetes yang paling mudah dicegah. Yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dengan pola yang seimbang, rendah kalori dan di support dengan aktifitas fisik yang juga seimbang.
Kemudia tulang keropos atau osteoporosis. Memang penyakit jenis ini banyak menyerang usia lanjut. Namun pencegahan pengeroposan tulang perlu dari sekarang dilakukan mulai dari sekarang dengan memperbanyak asupan kalsium dan vitamin D. Hindari rokok dan juga olahraga teratur dengan memiliki otot yang kuat tentu saja membantu rangka tubuh dalam menopang tubuh.
Satu lagi penyakit orang tua yang bisa hinggap di usia-usia produktif, yakni pikun. Nama keren pikun adalah Alzheirmer. Namaun alzheirmer bisa diilang salah satu jenis pikun agak-agak susah dilawan nih. Karena penyakit ini merupakan efek dari proses penuaan. Tapi kemunculannya bisa diperlambat dengan rajin dengan mengisi teka-teki silang, belajar bahasa asing dan tetu bermain musik. Hal ini bertujuan untuk melatih isi kepala agar tetap tajam.
Masih ada satu lagi sebenarnya penyakit yang menerpa usia tua tapi anak muda belakangan ini sudah banyak terkena dampak dari perubahan gaya hidup dan pola makan. Apalagi kalau bukan penyakit asam urat. Penyakit asam urat rentannya sih ketika menginjak usia 50 tahuan ke atas. Tapi siapa sangka usia 30 tahun sudah bisa terkena penyakit ini. hal ini disebabkan karena obesitas dan konsumsi alcohol yang berlebihan. Ketika dua faktor itu tidak dapat di control, asam urat adalah “hantunya”.
Jadi hindari semua penyakit ini dengan olah raga teratur dan makan dengan pola makan yang seimbang.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar