Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 02 Desember 2016

PEDAS ITU IRITASI, BUKAN RASA



Ada berapa jenis rasa yang kamu ketahui ? manis, asam, asin, pahit dan pedas? Atau yang biasa disingkat dengan umami ? dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengkategorikan bahwa pedas itu merupakan rasa, jadi pedas tidak termasuk ke dalam rasa. Jika pedas itu bukan rasa, lantas pedas itu apa?
Jadi pedas itu bukan rasa, namun pedas itu merupakan iritasi. Jadi sensasi pedas  itu disebabkan oleh zat kimia alami yang dihasilkan oleh tanaman cabe-cabean (genus Capsicum). Sesuai dengan tanaman yang menghasilkannya, zat kimia ini dinamakan CAPSAICIN. Nah mengapa demikian ?
Jadi ketika kita makan cabe atau apapun itu, capsaicin yang terdapat di serat putih tempat menempelnya biji akan bereaksi dengan reseptor pad saraf sensorik yang ada di lidah. Reseptor yang cocok dengan zat capsaicin ini ternyata reseptor khusus panas tinggi atau abrasi fisik sel. Jadi saraf sensorik ini menyampaikan ke otak sebagai 'panas tinggi' (excessive heat) atau abrasi fisik sel, yang membuat otak meresponsnya sebagai 'burning sensation' yaitu sensasi dimana sel telah terbakar atau sel mengalami abrasi (iritasi). Walapun pada kenyataannya tidak demikian.
Nah untuk kalian yang sering atau suka banget sama makanan yang pedas, respon yang dirasakan pun berbeda, mungkin karena sudah terlalu sering. Selain itu intensitas pedas setiap capsicum itu berbeda-beda tergantung dari banyaknya zat kimia capsaicin yang dihasilkan oleh masing spesies.
 Selain sensasi pedas dari capsaicin, sapcaisin juga dapat membuat nafsu makan bertambah. Sehingga orang yang memakan capsaicin itu menjadi ketagihan, itu semua di karenakan ketika kita memakan capsaicin ini akan melewati mulut-kerongkongan kemudian lambung, dan diantara kerongkongan dan lambung terdapat katup yang berfunsi sebagai palang. Jadi palang ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya makanan ke lambung. Jika lambung sudah tidak dapat menampung makanan maka katup ini akan tertutup, tetapi capsaicin membuat katup ini membuka terus sehingga membuat kita ingin makan terus karena respon otak yang menganggap jika perut kita masih cukup.
Selain itu menghilangkan pedas tidak dapat dilakukan dengan minum air dingin ataupun hangat. Itu sama saja. Karena sebenarnya Capsaicin adalah zat nonpolar, tidak bisa dicampur/larut dalam air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air. Jadi jika ingin rasa pedas itu segara hilang yang dapat kita lakukan adalah berkumur kumur dengan minyak atau alternative lainnya adalah dengan minum susu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar