Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 02 Desember 2016

KARAKTERISTIK DAN MANFAAT DALAM MEMPELAJARI FILSAFAT



Setelah kita mengetahui sejarah lahirnya filsafat serta tahap-tahap berfilsafat, pada post kali ini kita akan membahas bagian lain dari ilmu filsafat yaitu karakteristik dari filsafat dan manfaat filsafat untuk manusia.
Filsafat memiliki karakteristik, yang pertama filsafat bersifat Skeptis yaitu keraguan terhadap kebenaran sebelum mendapat argument yang kuat terhadap kebenaran. Skeptif ini dikelompokkan mejadi 3 tahap yaitu gradasi (dari ragu ke yakin), degradasi (yakin ke ragu), dan sophisme (terus menerus ragu). Kemudian karakteristik filsafat yang selanjutnya adalah komunalisme yaitu hasil pemikiran masyarakat umum tidak memandang ras, suku, kelas, ekonomi dan keyakinan. Misalnya hasil pemikiran yunani bermanfaat untuk Negara-negara lain. Yang ketiga karakteristik dari filsafat adalah desenterestedness yaitu tidak dimotivasi untuk suatu kepentingan  tertentu  dan yang terakhir karakteristik dari filsafat adalah universalisme yaitu bersifat umum berati filsafat adalah hak seluruh umat manusia secara umum atau sifatnya internasional. Semua umat manusia berhak mengadakan kajian filsafat. Keempat karakter ini dapat disimpulkan dengan untaian kata berikut:“Tanah tak bertuan, Bumi tak berbatas, laut tak berdalam, dan samudera tak bertepi”. Dengan menerapkan karakter ini, seorang filsuf akan melahirkan sikap keutamaan dalam dirinya berupa kebijakan kedalam pemahaman dan kepuasan.
Sedangkan apa manfaat ilmu filsafat bagi manusia?
Yang pertama Filsafat mampu memberikan pemahaman yang menyeluruh terhadap suatu wujud sekaligus memberikan konsep kebenaran terhadap wujud tersebut. Dengan kebenaran manusia akan bertindak bijaksana. Yang kedua manfaat dari filsafat adalah dapat memberikan kepuasan bagi filsuf/seseorang karena kemampuannya dalam menggambarkan problem kehidupan  yang sedang dan akan dihadapi sesuai dengan leluasan pemahamannya. Dan yang terakhir manfaat filsafat dapat dijadikan sebagai bahan pijakan untuk merubah dunia.
Jadi, dalam mempelajari filsafat sangatlah berguna untuk kita agar kita menjadi pribadi yang lebih kritis dan selalu mencari tahu sehingga terus belajar dan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar