Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Minggu, 23 Oktober 2016

5 HAL TENTANG JANTUNG YANG TIDAK KALIAN KETAHUI


Jantung merupakan sebuah organ terpenting yang berguna untuk memompa darah dalam tubuh kita. Jantung seseorang yang hidup kira-kira hingga 80 tahun akan berdetak 3 miliar kali selama hidupnya. Apa yang kalian ketahui tentang organ vital yang penting ini? Mari kita bahas.
Yang pertama jantung pria dan wanita berbeda. Walaupun sekilas jantung pria dan wanita tidaklah berbeda, bahkan sangat serupa, tetapi ada sebuah perbedaan pada jantung pria dan wanita. Jantung pria umunya memiliki berat sekitar 10 ons dengan detak jantung sekitar 70 denyut per menit. Sedangkan pada wanita, beratnya hanya 8 ons, tetapi uniknya walaupun ukurannya kecil jantung wanita berdetak lebih kencang sekitar 78 denyut per menit. Tetapi jantung anak bayi yang baru lahir berdetak lebih cepat. Oleh penelitian Kanada membuktikan bahwa wanita memiliki kemungkinan lebih besar terkena serangan jantung dibanding pria.
Yang kedua, jantung manusia tidak berwarna merah. Mungkin karena kalian sering melihat hati (cinta) berwarna merah, kalian juga mengira jika jantung berwarna merah. Tetapi pada kenyataannya, jantung manusia sama sekali tidka berwarna merah. Warna jantung manusi cukup gelap dan lebih kecoklatan daripada darah yang di pompanya. Terlebih karena permukaan jantung manusia merupakan salah satu tempat penimbunan dan penyimpanan lemak maka jantung manusia akan terlihat cukup kuning. 
Yang ketiga, jantung dapat berdetak walaupun dipisahkan dari tubuh manusia. Mungkin kalian, pernah melihat sebuah adegan di film dimana sebuah jantung tetap berdetak walaupun ia telah dikoyak keluar dari dada seseorang. Walaupun hal itu terkesan fiktif dan menakjubkan, pada kenyataannya hal itu benar. Hal ini disebabkan  karenajantung kita memiliki sistem listriknya sendiri yang dapat membuat jantung berdetak dan selama jantung mendapat oksigen jantung akan terus berdetak. Jadi walaupun telah dipisahkan, selama oksigen masih berda di jantung maka jantung dapat berdetak walaupun lama-lama akan hilang detakannya.
Yang keempat, pilek dapat melukai jantung. Sama halnya dengan minu lakohol dan obat-obatan tertentu. Flu atau pilek jug adapat melukai jantung anda. Hal ini dikenal dengan nama viral cardiomyopathy dimana jantung akan melemah dan tidak melakukan fungsinya dengan baik. Tetapi kalian tenang saja, biasanya seiring dengan keadaan kalian yang membaik jantug anda juga akan kembali dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 
Yang kelima, jantung tidak berada di sisi kiri dada. Mungkin kalian sering melihat dan diajarkan bahwa jantung kalian diletakkan di sisi kiri dada atau memperkirakan itu dari adegan film-film. Pada saat orang bersumpah kepada sesuatu, dia akan meletakkan tangannya di sebelah kiri dada dimana membuktikan dia bersumpah sepenuh hatinya. Sebenarnya jantung kita lebih terletak di tengah dada kita, akan tetapi terletak lebih miring ke bagian kiri dada kita.
Setelah mengetahui beberapa hal-hal menarik tentang organ vital kita yaitu jantung, alangkah baiknya kita menjaga dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan kepada kita ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar