Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Kamis, 06 Oktober 2016

PAKAI SERAGAM ITU PENTING :)


Kalau kita ingat kembali rata-rata setiap jenjang pendidikan yang kita tempuh pasti memakai seragam dari TK,SD,SMP,SMA bahkan masih terdapat pemakain seragam di jenjang perguruan tinggi. Walaupun memang tidak semua sekolah mewajibkan untuk memakai seragam, seperti sekolah swasta yang mebebaskan muridnya menggunakan pakaian bebas. Seragam disetiap jenjang pendidikan memiiki warna dan ciri yang berbeda-beda. Seperti warna seragam di sekolah dasar yaitu merah yang memiliki arti sebagai symbol energy dan hasrat, seragam sekolah menengah pertama dengan warna biru tua yaitu sebagai symbol komunikasi dan percaya diri dan pada tingkat sekolah menengah atas dengan warna seragam abu-abu yang memiliki arti symbol kedewasaan dan tenang. Bagian dari ciri seragam dapat diperjelas dari perbedaan logo pada bagian kantung dari masing-masing jenjang pendidikan.
Apakah bosan setiap hari harus memakai seragam? Kalau pakai seragam kan kreatifitas bakal terhambat? Pakai seragam juga tidak menunjukkan karakter yang berbeda-beda tiap individu? Apalagi dengan peraturan sekolah yang menuntut untuk berpakaian secara formal , seperti tidak boleh memakai aksesoris, sepatu hitam putih, kaus kaki putih, ikat pinggang, dengan berbagai peraturan lainnya yang membuat siswa nya merasa terbebani.
Menurut padangaan saya memang ada benarnya juga pendapat diatas, tapi kalau kita telaah lagi masih banyak kok keuntungan dari kita memakai seragam.
Yang pertama, pemakaian seragam bertujuan untuk menyamakan siswa-siswa nya. Agar tidak terlihat perbedaan antara siswa yang mampu dan kurang mampu. Karena menggunakan seragam mereka jadi terlihat sama.
Yang kedua, dengan memakai seragam kita jadi lebih disiplin. Kok bisa jadi displin? Karena dengan menggunakan seragam, kita juga dituntut untuk menggunakan atribut yang lengkap. Dengan kita mengikuti peraturan sekolah, dapat menjadikan diri kita lebih disiplin lagi. Apalagi cara menggunakan seragam dengan formal itu memang menunjukkan jika kita akan menuntut ilmu bukan pergi jalan-jalan.
Yang ketiga, seragam merupakan identitas seorang pelajar. Dengan menggunakan seragam orang akan tahu bahwa kita adalah seorang pelajar. Seragam juga dapat menjadi identitas sekolah.

Keuntungan lainnya yaitu untuk membedakan tingkatan seperti yang sudah dibahas diawal artikel, membuat kita nyaman saat belajar karena seragam memiliki model yang sederhana, mengurangi kesenjangan sosial, membuat siswa lebih terfokus pada belajar daripada menunjukkan selera fashion mereka dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya dalam menggunakan seragam, jadi kalian jangan bosan-bosan pakai seragam ya. Lebih baik telaah lagi keuntungan yang bisa di dapat agar manfaat dari penggunakan seragam dapat lebih kalian rasakan dan jangan merasa terbebani dengan penggunaan seragam di sekolah :)

3 komentar:

  1. sist ajarin bikin blog donggg

    BalasHapus
  2. Klik aja "buat blog" sist di ujung kanan atas blog ini😘😘😘

    BalasHapus
  3. uhhhh qaqa aku tak mengerti wakaka

    BalasHapus