Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 21 Oktober 2016

SI CANTIK FLAMINGO


Pasti kalian sudah tidak asing dengan hewan ini, walaupun belum pernah melihatnya secara langsung. Burung ini memang terkenal cantik dan anggun. Tidak heran banyak orang yang menyukai burung ini, seperti di Amerika Serikat patung hewan ini, sering dipakai untuk menghias halaman belakang rumah. Burung flamingo adalah species burung berkaki jenjang yang hidup berkelompok. Mereka berasal dari genus Phoeicopterus dan familia Phoenicopteridae. Si cantik flaminggo dapat di temukan di belahan bumi barat dan timur, namun lebih banyak terdapat di bagian timur.
Nah, apa kalian pernah berfikir kenapa flamingo ini bisa berwarna merah muda? Burung flamingo ini sebenarnya berwarnan putih saat mereka lahir. Hal yang membuat flaminggo ini  berubah menjadi warna merah muda adalah makanan mereka. Makanan utama mereka adalah udang, siput dan ganggang yang mengandung banyak pigmen karotena, yaitu pigmen yang berwarna merah muda.
Selain itu burung flaminggo ini jarang sekali sendirian , karena mereka hidup secara berkelompok. Cara hidup ini dipilih sebagai bentuk perlindungan. Karena pada saat mengambil makanan, burung yang tinggal di danau daerah beriklim panas ini harus mencelupkan kepalanya di air dan jika tidak hidup secara berkelompok, bisa saja burung ini dimangsa ketika dia akan mengambil makanannya. Paruh burung flaminggo juga berfungsi untuk menyaring lumpur dan air ketika dia akan mengambil makanan.
Jadi, flaminggo bukan merupakan burung yang cantik dan anggun saja tetapi dia memiliki keunikan tersendiri dibalik kenaggunan dari warna merah muda nya itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar