Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Selasa, 18 Oktober 2016

PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA

Pendidikan adalah proses timbal balik dari tiap pribadi pada manusia dalam penyesuaian dirinya dengan lingkungan hidupnya. Sedangkan keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Pendidikan keluarga sangat dibutuhkan untuk anak,karena di dalam keluarga dia merasakan cinta untuk yang pertama kalinya.karena semua orang pertama kali terlahir dari sebuah keluarga.  Keluarga juga memiliki fungsi pendiidkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam diri seorang anak sedari kecil. Dari aspek pribadi pendidikan keluarga bertujuan untuk mengajarkan kepada anak agar kedepannya menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Dari aspek moral bertujuan untuk memberikan bekal  moral baik untuk anak. Kelurga mengajarkan kepada anak tentang hal yang benar dan hal yang salah. karena keluarga merupakan pendidikan pertama yang dimulai anak, sehingga orang tua harus memberikan contoh yang baik kepda anak. Dalam aspek sosial pendidikan keluarga bertujuan untuk menciptakan generasi yang berguna tidak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga bagia lingkup sosial yang besar. Sedari ini anak telah ditanamkan nilai-nilai luhur agar mampu menjadi pribadi yang baik kedepannya. Bekal yang diberikan agar meberikan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Sehingga tujuan dalam kelurga akan tercapai ketika orang tua juga belajar untuk bertanggung jawab dengan perbuatannya agar semua aspek pembelajaran dapat diterima oleh anak dengan baik.
Anak yang baik merupakan anak yang berasal dari kelurga yang baik pula. Berbeda dengan anak yang berasal dari keluarga yang kurang baik seperti broken home biasanya dilandasi oleh perceraian orang tua, anak tersebut biasanya cenderung suka mencari perhatian dengan orang-orang disekitarnya. Sedangkan keluarga yang didalamnya terdapat kekerasan, akan membentuk anak tersebut untuk melakukan kekerasan.
Oleh sebab itu, untuk menjaga generasi penerus kita sebagai orang tua atau pun calon orang tua hendaknya memerhatikan perilaku kita di rumah agar anak nantinya dapat mencotoh hal-hal yang baik. Selain memberi contoh, anak juga harus di arahkan terhadap hal yang benar dan salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar