Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Jumat, 21 Oktober 2016

APA NAMA SETIAP JARI KAKI?


Mungkin kita tidak memperhatikan bagian anggota tubuh kita ini. Seperti jari tangan , jika nama-nama setiap bagian jari tangan pasti kita sudah tau ya ada ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking. Mereka semua memiliki fungsi yaitu untuk memegang, menjepit, menggaruk, mengorek dan masih banyak lagi fungsinya.
Lantas apa kalian hanya memerhatikan jari tangan saja? Apa kalian tahu setiap nama pada jari kaki? Biasanya kita hanya menamai dengan jempol kaki, jari kesatu, kedua, ketiga  keempat, kelima saja. Tapi sebenarnya setiap jari memiliki nama masing-masing loh. Nama untuk jempol kaki adalah hallux, kemudian jari kedua disebut jari panjang, jari ketiga disebut dengan jari tengah, jari keempat disebut dengan jari cicin, dan jari kelima disebut dengan kaki kecil. Selain itu jari-jari kaki kita juga memiliki fungsi loh yaitu:
1.      Keseimbangan
Tanpa kita sadari ketika kita jatuh saat tersandung atau ketika sedang berlali dan kemudian ingin berhenti, tanpa kita sadari kita menggunakan jari kaki kita untuk menyeimbangkan tubuh kita. Tanpa jari kaki maka dipastikan kita akan terjatuh.
2.      Tumpuan
Aktifitas ini hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu. Fungsi dari jari kaki kita adalah sebagai tumpuan. Bagi kalian yang sering mendaki tebing atau olah raga memanjat lainnya maka tanpa kalian sadari kalian telah menggunakan fungsi jari kaki sebagai tumpuan agar tidak terjatuh.
3.      Berjinjit
Nah aktifitas ini pasti sering kalian lakukan ketika kalian ingin meraih sesuatu tetapi kalian tidak bisa. Ayo coba sekarang !
4.      Melompat
Melompat yang dimaksud bukanlah melompat seperti biasa, tetapi melompat lebih tinggi dari biasanya. Sebenarnya kalian dapat tetap melompat tanpa jari kaki, tetapi lompatan kalian akan lebih tinggi jika kalian menggunakan jari kaki. Coba kalian buktikan ketika kalian bermain basket.
Setelah mengetahui nama-nama dari masing-masing jari jangan lupa mulai sekarang hafalkan saat kalian sedang mandi ya dan rasakan fungsi dari jari kaki. Semoga dengan pengetahuan ini kalian akan lebih bersyukur karena memiliki jari tangan dan kaki yang lengkap tidak seperti kuda atau hewan lainnya yang tidak memiliki jari kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar