Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 05 November 2016

MUSIKMU DAN SEMUA EFEKNYA

Profesor hebat sekelas Einsten pernah mengatakan bahwa salah satu alasan dirinya begitu pintar disebabkan karena dia suka bermain bola. Begiti juga dengan phytagiras, plato dan aristoteles. Mereka sadar benar kekutan terapi music. Orang-orang hebat ini percaya bahwa music merupakan salah satu dari beberapa kegiatan menarik untuk seluruh bagian otak.
Kalau musik boleh gasih dikatakan engga beda dengan makanan? Boleh dong. Karena makanan bersifat subjektif yaitu sesuai selera masing-masing jika dia suka maka akan dimakan. Begitu juga dengan musik, apa yang membuat penikmatnya tertarik maka musik itulah yang akan didengar. Jadi tak heran jika penikmat musik itu berbeda-beda. Banyak ahli mengatakan bahwa irama yang dihasilkan dari sebuah konsep musikal itu memiliki efek yang bermanfaat sekali untuk tubuh penikmatnya. Dan setiap jenis musik, memiliki efek yang berbeda juga untuk tubuh. Apa saja??
Yang pertama buat penyuka musik klasik. Musik semacam ini identic dengan orkestra besar, biasanya hanya instrument tanpa vocal. Kecenderungan musik klasik adalah dapat menenangkan tubuh dan merangsang fikiran. Konon katanya, musik ini dapat mengurangi stress dan meningkatkan kecerdasan jenis tertentu, seperti kemampuan verbal dan penalaran spasial-temporal. Jadi ga heran ada beberapa bimbingan belajar yang sengaja memutr musik klasik ini ketika sebelum pembelajaran berlangsung guna membantu para siswa nya dalam menangkap mana pelajaran dan mengurangi rasa stress. Efek mengdengarkan musik klasik juga dapat menenangkan jantung dan membantu orang-orang yang memiliki penyakit jantung.
Musik klasik juga bisa membuat membuat penikmatnya menjadi cerdas. Sebuah studi di Hong Kong pada 90 anak laki-laki berusia 6 dan 15 tahun, menemukan bahwa anak-anak yang belajar bermain musik dengan program orkestra lebih memiliki kemamuan memori verbal yang tinggi dan bisa belajar kata-kata yang lebih baru dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menerima pembelajaran tersebut.
Berikutnya, musik klasik india yang lebih unik dan ekspresif. Cukup unik, karena musik india klasik didsarkan pada raga (model melodi) dan taal (siklus berirama tertentu). Raga tertentu katanya dapat mengaktifkan semua cakra (suasana hati) dari tubuh. Sehingga menguntungkan dalam melaksanakan tugas-tugas kreatif lainnya.
Musik klasik indi juga sering dipakai sebagai ornamen tetapi untuk pengobatan insomnia, migraine, sakit kepala kronis, hipertensi, gelisah dan lainnya. Menurut sebuah studi, mendengarkan musik semacam ini dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang yang mengalami depresi. Efeknya, sebanding dengan pengobatan hipnotis dalam meningkatkan kualitas tidur pada pasien depresi.
Bagaiman dengan musik rap hip hop? Musik semacam ini juga manarik. Karena efek yang dihasilkan berbeda-beda pada setiap anak muda. Di satu sisi, mendengarkan musik rap hip hop mempromosikan perasaan negative. Di sisi lain, karena beatnya energik tentuny membuat perasaan senang sehingga ingin berdiri dan menari. Yang lebih unik lagi mungkin adalah musik rock. Mendengarkan musik rock dapat menumbuhkan adrenalin yang tidak menentu dibanding dengan jenis musik lainnya. Peningkatan denyut jantung dan tekanan darah juga termasuk efek di dalamnya. Tapi jika mendengarkannya dengan nikmat, rasa semangatlah yang timbul dan stes hilang tanpa mempengaruhi tekanan darah dan denyut jantung. Jadi jenis musik mana yang cocok untuk mengurangi stress kalian?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar