Pengikut

HAPPY READING PEOPLE :)

Sabtu, 05 November 2016

8 CARA MENGATASI SUSAH TIDUR

Banyak orang yang menganggap tidur sebagai hal yang sepele. Dan tidak perlu dipaksakan, karena kalau orang udah capek baisanya akan tidur dengan sendirinya. Tetapi anggapan itu tidak benar. Tidur itu kebutuhan seperti batrei HP, karen atubuh kita juga perlu di-charge.
Kegitan belajra kita mulai dengan kagitan di sekolah, sampai di luar sekolah, pastinya banyak mengura energi. Makin banyak banyak kegiatan, waktu tidur jadi makin sedikit. Apalagi jika kit ajuga memiliki masalah terhadap terhadap tidur misalnya insomnia atau kebiasaan tidur larut, mata baru bisa terpejam setelah subuh. Pastinya rutinitas akan terganggu.
Jadi, sebelum kita ikut “menderita”  susah tidur dan efknya bisa sampai kemana-mana, lebih baik kita antisipasi. Apa saja memang yang bisa kita lakuakn agar dapat tidur dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.
Pastinya, banyak sekali usul atau masukan dalam mengatasi susah tidur baik dari para ahli ataupun pengalam adari teman-teman lainnya. Berikut ini kumpulan beberapa diantaranya , semoga dapat mengatasi masalah tidur yang mungkin kalian alami.
1.      Stress : cari tahu penyebab stress
Masa sekolah memnag memiliki banyak masalah. Dari pertemanan, pelajaran sampai cinta. Difikirin tanpa diselesaikan tentu tidak akan menyelesaikan masalah dan ujung-ujungnya akan menyebabkan susah tidur. Lantas bagaima? Coba kalian tulis hal-hal yang membuat kalian gelisah diatas kertas. Dengan menulis kegelisahan kamu, masalahnya akan diketahui dan dapat mencari jalan keluarnya satu-satu. Dengan selesainnya permasalahan dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih lega dan lebih mudah untuk tidur.
2.      Atur posisi tidur.
Posisi tidur setiap orang berbeda-beda. Pelajari posisi tidur yang paling nyaman dan sehat untuk kamu. Dengan begitu kamu akan lebih nyenyak tidur. Jika posisi tidur kamu salah, justru akan membuat badan kamu sakit dan sampai ada istilah “salah bantal” karena leher yang sakit ketika bangun tidur.
3.      Ritual sebelum tidur.
Buatlah kebiasaan-kebiasaan sebelum kamu ke tempat tidur. Misalnya sesuatu yang membuat kamu rileks dan dapat mendoktrin syaraf-syaraf yang tegang. Misalanya menggosok gigi, membaca, mendengarkan musik dan lainnya.
4.      Buat kamar jadi nyaman.
Buat suasana kamar dan tempat tidur menjadi senyaman mungkin. Bisa dengan memasang aroma terapi, mengatir pencahayaan lampu yang sesuai dnegan mata kamu, atau perlengkapan tidur seperti bantal atau selimut yang nyaman. Semakin nyaman kamar maka kana membuat segar kondisi kita disaat bangun tidur.
5.      Hindari Caffein.
Untuk kalian yang menyukai kopi, jangan meminum kopi sebelum tidur. Caffein dapat membuat kamu menjadi melek dan pastinya kana mebuat kamu sulit tidur. Ganti kebiasaan meminum kopi dengan meminu susu atau air putih hangat.
6.      Atur waktu tidur.
Pengaturan waktu tidur sangat penting. Siklus tidur yang teratur dapat membuat kita memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan siklus yang teratur, tubuh kana menyesuaikan diri untuk tidur dan bangun pada jam yang sudah ditentukan sebagia kebiasaan.
7.      Tidur jika lelah.
Jika kamu merasa lelah dengan aktifitas dan mengantuk, jangan dipaksakan tetap belajar, nonton, atau ngerjain hobi. Lebih baik tidur dan istirahatin badan, mata dan fikiran. Sebaliknya, kamu tidak lelah dan tidak mengatuk kamu dapat melaukan aktifitas yang membuat badan lelah seperti olah raga, baca buku dan lainnya.
8.      Relkasasi.
Saat akan tidur, bayangkan kamu berada di suatu tempat favorite kamu atau ditempat yang ingin kamu datangi, buat semua otot dari kaki smapai kepala rileks. Dengan begitu kamu dapat menyiapkan suasana tidur yang nyaman. Cara lain untuk relaksasi dengan mengikuti kelas oga tau pilates yang dapat membantu kamu melatih relaksasi.

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com

    BalasHapus